Petunjuk Merawat Ibu Pasca Persalinan

 Petunjuk Merawat Ibu Pasca Persalinan

Merawat diri setelah melahirkan menjadi keharusan bagi ibu baru. Periode enam minggu pertama setelah persalinan disebut sebagai fase postpartum. Saat ini, tubuh mengalami perubahan besar, termasuk proses pemulihan dan fluktuasi suasana hati. Semua ini merupakan bagian dari penyesuaian dan transisi menjadi orang tua yang luar biasa.

Meski begitu, penting untuk menghindari stres. Yang terbaik bagi ibu adalah memberikan perhatian khusus pada istirahat yang memadai, mengonsumsi makanan bergizi, dan memberikan waktu untuk diri sendiri dengan istirahat.
Apakah tindakan perawatan yang perlu diambil oleh ibu setelah melahirkan?

Baik melahirkan normal maupun melalui operasi Caesar, keduanya memerlukan perawatan pasca persalinan. Setelah proses kelahiran selesai, Moms mungkin harus tinggal di rumah sakit beberapa hari untuk mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan. Namun, setelah diijinkan pulang ke rumah, tubuh masih memerlukan beberapa minggu untuk pulih sepenuhnya. Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa perawatan tidak berakhir ketika sudah kembali ke rumah, Moms.

1. Pasca Lahiran Normal

Melahirkan secara normal dapat menyebabkan robekan atau episiotomi yang memerlukan waktu penyembuhan lebih lama. Meski begitu, Moms tidak perlu ragu untuk mandi, karena tindakan ini dapat membantu mencegah infeksi pada luka jahitan.

Pasca persalinan normal Melahirkan secara normal dapat menyebabkan robekan atau episiotomi yang memerlukan waktu penyembuhan lebih lama. Meski begitu, Moms tidak perlu ragu untuk mandi, karena tindakan ini dapat membantu mencegah infeksi pada luka jahitan. Untuk meredakan nyeri pada vagina, Moms dapat mencoba beberapa metode berikut.

  1. Duduk di atas bantal empuk sebagai alas duduk,
  2. menggunakan kompres dingin pada area luka selama 15 menit untuk mengurangi bengkak dan rasa nyeri,
  3. minum obat pereda nyeri sesuai anjuran dokter,
  4. membersihkan vagina dengan air hangat atau lap yang direndam air hangat setelah buang air kecil dan buang air besar,
  5. mandi atau berendam di air hangat selama 5-10 menit.

Selain nyeri pada vagina, sejumlah ibu setelah persalinan normal mungkin mengalami kesulitan menahan kencing, sembelit, hingga bengkak pada payudara. Setelah melahirkan, sulit menahan kencing adalah hal umum, terutama saat bersin, tertawa, atau batuk karena melahirkan normal dapat merenggangkan kandung kemih dan merusak saraf otot panggul.

Namun, Moms tak perlu khawatir, karena keluhan ini biasanya akan hilang dalam 3 bulan. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan melakukan senam Kegel di rumah, yaitu dengan memposisikan tubuh seolah-olah menahan kencing atau kentut, melatih kontraksi otot dasar panggul selama 5-10 detik, dan mengulanginya setidaknya 10 kali sehari.

Perawatan pasca melahirkan caesar

Admin Web

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + seventeen =

× Chat Admin
Skip to content