Apa Sih Mastitis ?

Mastitis (Radang Payudara) adalah peradangan jaringan payudara yang kadang-kadang melibatkan infeksi. Mastitis bisa terjadi pada wanita maupun pria, tapi paling umum terjadi pada wanita, terutama yang sedang menyusui. Berikut beberapa poin penting tentang mastitis:

  • Gejala: Mastitis dapat menyebabkan nyeri payudara, pembengkakan, rasa hangat, kemerahan, dan nyeri saat disentuh. Anda juga mungkin mengalami gejala mirip flu seperti demam, menggigil, dan nyeri tubuh.
  • Penyebab: Mastitis sering disebabkan oleh masuknya bakteri ke dalam jaringan payudara melalui puting susu yang retak atau luka. Bakteri ini dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Faktor lain yang dapat menyebabkan mastitis termasuk penyumbatan saluran susu, pembengkakan payudara, dan teknik menyusui yang kurang tepat.
  • Pengobatan: Pengobatan untuk mastitis biasanya melibatkan kombinasi langkah perawatan diri dan obat-obatan. Penting untuk terus menyusui atau memerah ASI untuk membantu membersihkan infeksi dan mengurangi pembengkakan payudara. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik jika infeksinya disebabkan oleh bakteri.
  • Pencegahan: Untuk mencegah mastitis, penting untuk menjaga kebersihan payudara yang baik, memastikan posisi menyusui yang benar, dan mengosongkan payudara secara teratur. Hindari memakai bra yang terlalu ketat dan gunakan breast pad yang memungkinkan sirkulasi udara untuk mencegah kelembapan.
  • Konsultasi: Jika Anda mencurigai mengalami mastitis atau mengalami gejala-gejala tersebut, disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga medis, seperti konsultan laktasi atau dokter. Mereka dapat memberikan diagnosis yang tepat dan membimbing Anda mengenai pengobatan yang sesuai.

Perlu diingat, jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan khusus tentang mastitis, sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga medis untuk saran yang disesuaikan dengan kondisi Anda.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =

× Chat Admin
Skip to content